Thursday, September 27, 2012

tips mengatasi rambut rontok



Rambut sering rontok?                


Rambut rontok
 
Banyak orang bilang rambut adalah mahkota, rambut adalah cermin kesehatan kita secara keseluruhan.bagaimana kalau rambut kita sering rontok? Menjadikan diri kita kurang  percaya diri di setiap penampilan. Apabila helai-helai rambut kita  mulai rapuh dan berguguran melebihi batas normal, itu pertanda ada yang kurang beres dengan kondisi tubuh kita, apalagi sampai terjadi kebotakan, itu berarti kantong folikel di kulit kepala kita telah mati. Ahli perawatan rambut banyak mengatakan, kebotakan rambut yang terjadi pada perempuan maupun laki-laki disebabkan karena kelebihan minyak yang disebut “sebum”. Minyak inilah yang menyumbat didalam pori-pori kulit kepala sehingga mengakibatkan lumpuhnya foikel (kantong rambut). Lambat laun foikel-foikel ini akarnya akan tersumbat dan menghalangi pertumbuhan rambut-rambut yang baru.
Agar hal ini tidak berlarut-larut, kulit kepala harus bebas dari sisa-sisa minyak dan sel-sel yang mati. Akar rambut harus dengan lancar mengirimkan/mengalirkan “makanan” ke helai-helai rambut. Intinya Aliran darah yang menuju kulit kepala harus lancar!

Beberapa penyebab rambut rontok

Kebiasaan tidur yang buruk serta stress yang berkepanjangan, dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Saat stress, otot-otot kulit kepala cenderung mengerut bersamaan dengan otot-otot seluruh tubuh. Hal itu menyebabkan kontraksi otot di sekeliling foikel, dan menyebabkan aliran darah tersendat sehingga pasokan oksigen dan zat gizi lainnya yang menuju ke akar rambut menjadi berkurang. Selain itu terjadi penumpukan sampah metabolism, hal inilah yang menyebabkan rambut mengalami kerontokan.
Hal lain yang mengakibatkan kerontokan pada rambut, terjadinya infeksi kulit kepala, keracunan obat, penyinaran dengan sinar radiasi, diet yang buruk terutama rendah protein, cuaca yang sering berubah-ubah serta konsumsi lemak dan makanan manis yang berlebihan. Ada juga kerontokan rambut yang disebabkan karena factor penyakit dan kehamilan, karena hal tersebut mempengaruhi siklus pertumbuhan foikel rambut. Tetapi jenis ini tidak permanen, karena rambut baru akan muncul setelah dimulainya siklus pertumbuhan yang baru.

Pencegahan terhadap kerontokan rambut

Bagaimana pencegahan terhadap  kerontokan rambut dilakukan? Otomatis dengan perawatan rambut secara terpadu, dari dalam dan dari luar tubuh.

·         Perawatan dari dalam :

Tumbuhnya rambut yang sehat berawal dari  “dalam”. Hal ini  ada kaitannya dengan makanan-makanan yang kita konsumsi setiap hari. Rambut akan kelihatan indah dan bersinar jika cara makan kita benar.
Ahli konsultan nutrisi menekankan betapa pentingnya untuk menerapkan pola makan yang seimbang antara nutrisi, protein, karbohidrat, dan kandungan-kandungan lain yang diperlukan. Ini merupakan kunci dari sehatnya helai-helai rambut yang kokoh.
Makanan yang sebaiknya dihindari  agar kerontokan rambut dapat dir edam antaralain, gorengan, roti yang terbuat dari tepung putih gula olahan serta mentega. Batasi juga konsumsi Kopi, the, cokelat, keju apalagi alcohol. Kandungan-kandungan tersebut bisa mengganggu keseimbangan kondisi akar rambut dan kulit kepala.
Sayuran yang berwarna hijau kaya akan vitamin B, ini  banyak dianjurkan.  Kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan telur. Makanan –makanan yang mengandung vitamin A ( brokoli, papaya, ubi, tomat) dan masih banyak lagi. Makanan yang mengandung vitamin C (jeruk, anggur, kentang, tomat, melon) dan masih banyak lagi. Makanan-makanan ini sangat baik untuk membangun kesehatan rambut dan kulit kepala  serta makanan-makanan yang banyak mengandung kalsium.

       .     Perawatan dari luar :

Sebaiknya anda menggunakan produk-produk yang mengandung bahan-bahan alami, dimana bahan-bahan tersebut membantu menyehatkan rambut. Bahan-bahan inipun sangat dianjurkan oleh dokter ahli tanaman, mudah di dapat dan sudah di teliti kandungan-kandungan di dalamnya, antara lain:

Kulit semangka (citrullus vulgaris schard)

Kulit semangka

Kulit semangka yang berwarna putih, ini dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut. Caranya ; gosok-gosokkan kulit semangka ini pada kulit kepala secara merata, sebaiknya lakukan pada waktu sore hari, dan biarkan semalaman agar meresap kedalam kulit kepala. Barulah keesokan paginya dibilas sampai bersih, lakukan kegiatan tersebut 1-2 kali dalam seminggu, hal ini akan mencegah terjadinya kerontokan rambut.

  

Buah asam (Tamarindus indica L)

buah asam (tamarind)
Daging buah asam jawa (tamarind) yang telah masak, ditambahkan sedikit air bersih sambil diremas-remas sampai larut merata, kemudian saring dengan kain kasa, atau di blender.  Gosok-gosokkan sari buah asam ini keseluruh kulit kepala sambil diberi pijitan-pijitan ringan, biarkan beberapa saat, kemudian cuci rambut yang bersih menggunakan shampoo. Ini salah satu tips perawatan rambut untuk mencegah dari kerontokan rambut.

 

Seledri (Apium graveolens L)

Seledri


 Ambilah 7-10 tangkai daun seledri, cuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Sebaiknya anda keramas dahulu setelah itu , tumbukan daun seledri digosok-gosokkan ke kulit kepala sampai merata sambil dipijit-pijit ringan, kemudian bungkus rambut anda menggunakan topi plastic kurang lebih 1-2 jam, lalu bilaslah dengan air bersih. Lakukan hal ini sedikitnya seminggu sekali, ini akan membantu terjadinya kerontokan pada rambut anda

 

 

Kemiri(Aleurites moluccana L)

Kemiri bisa mencegah kerontokan rambut

Untuk menjaga rambut dari kerontokan, diperlukan daging kemiri kira-kira ¼ kg lalu ditumbuk hingga halus, setelah itu rebuslah dengan air bersih 1 gelas, aduklah sampai merata. Setelah keluar minyaknya, didihkan kembali minyak tersebut sampai mengental. Setelah dingin gosok-gosokkan pada kulit kepala, lakukan 2-3 kali dalam seminggu.
Internet Marketing

No comments:

Post a Comment