Sunday, October 7, 2012

Biontin menjaga rambut tetap sehat


Biontin menjaga rambut tetap sehat

salah satu sumber biontin

Biontin termasuk keluarga vitamin B, vitmin ini terdapat pada berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari tetapi jumlahnya sangat sedikit sekali. Jika pola makan kita kurang baik, misalnya berlebihan makanan olahan, maka masukan biontin dari makanan yang kita konsumsi semakin berkurang. Tetapi biontin juga diproduksi oleh bakteri baik (lactobacillin) yang ada di dalam usus kita. Kekurangan biontin dapat dibantu dengan asupan suplemen, baik dalam bentuk biontin individual, maupun dalam kombinasi multivitamin atau vitamin B kompleks.

Fungsi biontin

Biontin penting dalam metabolism lemak, terutama dalam proses pembentukan sintesa asam-asam lemak. Biontin juga berperan dalam mengendalikan glukosa dalam darah dengan cara meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, karena itu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, terutama untuk mencegah terjadinya kerusakan saraf otak akibat lonjakan tekanan gula darah ke otak yang sering tidak stabil.
Biontin juga penting untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut, kulit, sel-sel saraf, kelenjar sex dan sumsum tulang belakang.

Sumber-sumber biontin

polong-polongan


Sumber dari biontin antaralain daging, kuning telur, hati, produk susu, kedelai, kacang-kacangan, polong-polongan, kembang kol, beras yang belum dipoles dan gandum alami dan masih banyak lagi.


Efek kelebihan dan kekurangan biontin

Kelebihan biontin sangat jarang terjadi, mengingat jumlah biontin dalam makanan hanya sedikit. Biontin juga larut dalam air, sehingga jika terjadi kelebihan akan terbuang bersama urine.
Kekurangan biontin lebih banyak disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan, dan sangat kurang makanan alami. Kekurangan biontin biasanya terlihat dari gejala-gejala seperti  rambut rontok, kulit kering dan bersisik, jerawat, sering lelah, gangguan tidur (insomnia), mata merah, dan gangguan metabolism lemak lainnya.

No comments:

Post a Comment