Monday, October 15, 2012

Sakit gigi dapat menyebabkan stroke


Sakit gigi dapat menyebabkan stroke

Sakit gigi

Anda pernah mengalami sakit gigi? Mungkin anda masih ingat seperti apa rasanya?
Biasanya saat kita mengalami sakit gigi, hanya berpikir untuk menghilangkan sakit yang begitu mengganggu, setelah minum obat dan sakitnya hilang…pasti lupa dengan rencana untuk pergi ke dokter. Jangan pernah anggap enteng sakit gigi yang pernah anda alami, bisa jadi sakit gigi yang anda alami adalah penyebab penyakit lain yang mematikan
.

Gigi anda sehat adalah jalan menuju tubuh yang sehat

Mulut dapat diibaratkan jalan menuju ke bagian tubuh yang lain, terutama bagian-bagian vital seperti system pencernaan, system sirkulasi darah dan otak. Para ahli kesehatan di Amerika dari berbagai disiplin ilmu kesehatan dan pengobatan menempatkan kesehatan gigi dan mulut sejajar dengan kesehatan seluruh tubuh.
Banyak literature ilmiah yang menghubungkan infeksi gigi dan mulut dengan banyak penyakit  pada bagian dari tubuh. Bakteri yang umum ditemukan dalam karang gigi, terbukti menyebabkan darah manusia menggumpal di dalam tabung reaksi, dan penggumpalan ini dapat menjadi pemicu serangan jantung dan stroke.
Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa ibu hamil dengan penyakit gigi berpotensi hamil abnormal, serangkaian penelitian menghubungkan adanya hubungan positif antara bakteri penyebab sakit perut dengan bakteri penyebab sakit gigi. Terjadinya infeksi pada sumsum gigi dapat mempengaruhi saluran limfe, saluran pernafasan dan pencernaan yang berhubungan langsung dengan darah yang tercemar bakteri peng-infeksi gigi. Sedangkan bakteri ini dapat menyebar ke jantung dan menimbulkan nyeri di saraf pusat.

Bahayanya bakteri mulut penyebab sakit gigi

Bakteri gigi
Benda hidup yang sangat kecil, hanya dapat dilihat dengan mikroskop, itu sedikit ringkasan tentang bakteri. Bakteri selalu ingin memasuki tubuh, sedangkan stamina tubuh kita tidak selalu dalam keadaan “fit”. Hal inilah yang menjadi penyebab berkembangnya bakteri penyebab sakit gigi di dalam tubuh.
Dari berbagai jenis bakteri, bakteri mulut termasuk jenis bakteri yang paling berbahaya. Sebenarnya jenis bakteri ini kita butuhkan dalam proses pencernaan untuk menghasilkan enzim yang membantu memproses makanan yang kita makan untuk menghasilkan zat-zat gizi yang berguna bagi tubuh, tetapi bakteri ini juga sangat berbahaya jika kondisi tubuh kita dalam keadaan lemah.
Gigi berlubang
Mulut merupakan tempat yang ideal untuk berkembangnya bakteri, karena temperaturnya cocok, terlebih lagi lekukan-lekukan gigi sering tertinggal makanan-makanan yang disukai bakteri. Hal ini akan merusakkan gigi, karena terjadi proses peragian yang menghasilkan asam susu yang melunakkan gigi, kemudian terjadi pembusukan pada gigi dan pembengkakan ujung akar gigi dan mengakibatkan sakit gigi. Hal ini dapat mengakibatkan bagian tubuh yang lain ikut sakit, karena bakteri menyebar lewat aliran darah.

Perawatan gigi

Gosok gigi
Kerusakan gigi umumnya berhubungan dengan gaya hidup, pola makan dan kegiatan seseorang, ataupun bisa juga dilihat dari keturunan dan factor umur. Para peneliti merekomendasikan untuk merawat gigi secara intensif  dan menggosok gigi secara teratur. Pemberian zat antibakteri seperti baking soda, peroksida dan air garam dapat mengurangi sejumlah bakteri mulut. Jika bakteri mulut berkurang, sakit gigi akan lebih mudah untuk diatasi. Makanlah makanan yang bergizi yang berguna untuk kesehatan gigi, untuk menghindari kerusakan gigi khususnya yang mengandung kalsium, vitamin A, vitamin C membuat gigi dan gusi tetap sehat.


 

1 comment:

  1. Wow, bahaya juga ternyata. Tapi kalau giginya bolong gimana?

    ReplyDelete