Friday, October 26, 2012

Merica meringankan rematik


Merica dapat meringankan rematik


Merica


Merica, biasa digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan yang kegunaannya untuk memunculkan sifat hangat atau pedas pada suatu masakan/makanan. Ternyata efek rasa pedas pada merica dapat mengurangi nyeri rematik.

Hangat pada merica ditimbulkan oleh kandungan alkolid piperin. Senyawa dalam alkolid piperin ternyata bermanfaat untuk melancarkan aliran darah disekitar kepala dan bisa juga melonggarkan pernafasan.
Banyak orang suka efek hangat pada merica untuk bumbu suatu masakan, untuk mengusir masuk angin dan flu. 

Merica ada dua jenis, yaitu hitam dan putih. Umumnya merica yang banyak digunakan untuk bahan-bahan herbal adalah merica putih. Sebetulnya merica adalah tanaman yang sama, merica putih dipetik selagi masih muda kemudian direndam, sedangkan merica hitam dipetik saat tua kemudian dikeringkan.

Merica dapat dipadu dengan beberapa bahan seperti jahe, jinten hitam, cengkih dan pala, atau bisa juga bawang putih dan gondopuro untuk meringankan nyeri rematik. Ramuan obat  alami untuk rematik biasanya terasa sangat panas, kalau dioleskan kulit sehat seperti terbakar, tetapi jika dioleskan pada kulit ke bagian yang rematik akan terasa hangat, hal ini bagus digunakan untuk terapi.
Proses pada penyembuhan rematik pada persendian, sebaiknya digunakan secara rutin, oleskan ramuan alami ini setiap malam sebelum tidur. Paling tidak gunakan olesan ini 2x – 4x dalam seminggu.

Resep merica untuk mengobati kaki bengkak saat hamil

Gunakan 10 butir merica hitam, satu jari lempuyang emprit segar, 2 helai daun sirih segar, dan sedikit arak, kemudian balurkan/ oles-oleskan waktu malam sebelum tidur, ulangi hal ini sampai sembuh.

Resep merica untuk mengobati malaria

Setengah sendok teh merica dan kopi di seduh dengan menggunakan air panas, minumlah ramuan ini sebelum sakit terasa kambuh. Selain itu juga dapat digunakan daun papaya (ambil tangkainya), satu potong temu ireng  tambahkan daun tarum secukupnya, Haluskan bahan-bahan tersebut ¾ gelas air, lalu beri sedikit tempe busuk dan garam, peras dan saring. Diminum 2x sehari untuk jamu tambahan.

 

No comments:

Post a Comment